PROGRAM BADAL

PROGRAM BADAL

PROGRAM BADAL

 

Program badal adalah singkatan dari bimbingan dalam lembaga, jika diartikan lebih luas adalah program bimbingan belajar membaca al-quran yang diselenggarakan di Lembaga, dengan pilihan hari dan jam yang sudah ditentukan dan mengikuti proses bimbingan melalui suatu tahapan/jenjang level berawal dari tes penempatan level disaat peserta mendaftar pada program Badal.

Jenjang level akan terus meningkat setelah peserta mengikuti evaluasi akhir belajar dan jika dinyatakan lulus, maka akan melanjutkan ke level selanjutnya, adapun jika belum lulus maka akan mengulang pada level yang sama

Proses kegiatan Badal berjalan selama 3,5 bulan lamanya atau 12x pertemuan setiap levelnya

  • I’dad

Bagi peserta yang belum bisa membaca Al-Qur’an.

  • Level 1

Bagi peserta yang sudah bisa membaca Al-Quran nemun masih terjadi kesalahan yang mendasar, terutama terkait dengan huruf, harakat atau panjang pendek.

  • Level 2-3

Bagi peserta yang sudah lancar membaca Al-Qur’an namun belum menguasai kaidah tajwid secara praktek seperti tempat keluar dan sifat huruf, ghunnah, bacaan khusus (gharib), bacaan di luar kaidah dan sebagainya.

  • Level 4-5

Bagi peserta yang sudah lancar membaca Al-Qur’an namun belum menguasai teorinya.

  • Talaqqi *

Bagi peserta yang sudah bagus bacaan Al-Qur’annya dan ingin memperdalam pengetahuan tajwid serta mempersiapkan diri untuk menghafal.

  • Tahfizh *

Bagi peserta yang ingin menghafal seluruh atau sebagian Al-Qur’an.

* Program ini khusus untuk yang lulus level V

Kegiatan bimbingan diselingi dengan kegiatan tasmi dan taushiyah qurani pada pertengahan kegiatan berjalan guna menguatkan kembali motivasi/semangat peserta untuk menjalani proses kegiatan bimbingan membaca al quran sampai tuntas, yang seminimal-minimalnya adalah sampai level 5. Sehingga diharapkan peserta yang menjadi alumnus program BADAL LBQ Al Utsmani memiliki kemampuan membaca al-quran yang standar di atas rata-rata masyarakat umum, yang akan didokumentasikan dalam bentuk  sertifikat tahsin.