PROGRAM BIHAR

PROGRAM BIHAR

BIHAR AL UTSMANI

Bihar atau kependekan dari “Bimbingan Tahfizh Anak dan Remaja”, merupakan wadah bagi peserta yang ingin belajar Tajwid atau menghafal Al-Quran khususnya untuk anak dan remaja. Adapun usia yang diperkenankan belajar di BIHAR sendiri yaitu mulai dari usia 7 tahun dan kelas 1 SD, sampai dengan jenjang kelas 12 SMA. Sebelum peserta dibagi perkelas, peserta diwajibkan mengikut tes penempatan level, yang nantinya diharapkan untuk setiap kelas disesuaikan dengan level dan usia peserta.

Lamanya pembelajaran untuk setiap level pada BIHAR sendiri memiliki rentang 6 bulan, dengan diakhiri evaluasi belajar tiap semesternya. Dalam evaluasi ini akan menentukan apakah peserta naik level atau tetap dilevel yang sama sesuai dengan hasil nilai akhir.

Sesuai yang telah dituliskan di atas, ada beberapa level di BIHAR sendiri, yaitu mulai dari level Persiapan 1 sampai dengan Level 30. Untuk lebih jelasnya akan dijabarkan di bawah ini :

  • Persiapan 1

Pada level ini diperuntukkan untuk peserta yang belum mengenal huruf hijaiyah dan tanda baca.

(Belum bisa membaca Al Qur’an)

  • Persiapan 2

Pada level ini diperuntukkan untuk peserta yang sudah bisa membaca huruf hijaiyah dan tanda baca, namun masih sering salah pada bacaan panjang pendek, harakat, dan ghunnah.

  • Persiapan 3

Pada level ini diperuntukkan untuk peserta guna menyempurnakan bacaan Mad, Ghunnah, Gharib, bacaan di luar kaidah, dan sifat huruf.

  • Level 1-30

Pada level ini diperuntukkan untuk peserta yang bacaanya sudah bagus dan ingin menghafalkan al quran, untuk setiap level menandakan setiap juz pada al quran, dimulai level 1 untuk juz 30, level 2 untuk juz 29, level 3 untuk juz 1 sampai dengan level 30 untuk juz 28.

 

Selain program tahsin dan tahfizh, ada beberapa kegiatan yang dilakukan secara rutin, antara lain Materi Akhlaq yang diadakan setiap akhir pekan berguna untuk menumbuhkan semangat belajar dan dapat diterpakan pada kehidupan sehari-hari, Tasmi’ Quran yang diadakan setiap 2 minggu sekali berguna untuk memperkuat hafalan setiap peserta dan memperkuat ukhuwah antar kelas, Daurah Quran yang diadakan setiap akhir semester (setelah evaluasi akhir belajar) berguna untuk pengalaman peserta yang ingin merasakan kehidupan pesantren quran.

Peserta yang lulus dari BIHAR diharapkan memiliki kemampuan bacaan al quran yang baik dan benar serta berakhlaq Al quran.